SHARP Takumi Visit Factory (27.02.13)

Inget Doraemon, pasti inget KANTONG AJAIB!

Tapi kalo sekarang, inget Doraemon eh langsung keinget sama salah satu produsen Alat-alat elektronik buatan #Takumi asal Jepang! Yupp… apalagi kalo bukan SHARP!.

Produsen Elektronik dari negeri Sakura ini sekarang menggandeng Doraemon sebagai Ikon produk mereka. Bisa dilihat dari TVC terbaru untuk produk Lemari Es mereka:



Ternyata eh ternyata, bukan Cuma itu kabar gembira dari SHARP! Tau nggak sih? Kalo ternyata SHARP Electronics baru aja GRAND OPENING Pabrik ke-2 mereka di Karawang pada pertengahan Februari lalu!

Selama lebih dari 40 tahun, Sharp Electronics Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk yang dibarengi meningkatnya permintaan produk elektronik, Sharp mendirikan pabrik baru seluas 31 hektar di Karawang International Industry City (KIC). Pabrik ini terdiri atas dua fasilitas utama, yaitu pabrik mesin cuci seluas 11.627.888 M2 dan pabrik lemari es seluas 27.616.300 M2. Peletakan batu pertama telah dilakukan tanggal 7 Juni 2012 oleh President Director PT Sharp Electronic Indonesia, Fumihiro Irie. Direncanakan pabrik ini mulai beroperasi 2 September 2013. Produk yang dihasilkan pabrik ini ditunjukan untuk konsumen kelas bawah hingga menengah di Indonesia, selain itu juga akan diekspor ke negara-negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika.






Dan penulis kebetulan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung langsung ke Pabrik Baru tersebut dalam acara “SHARP Takumi Visit Factory”

Apa sih TAKUMI itu?


Takumi dalam bahasa Jepang berarti 'ahli'. Maksudnya adalah orang yang telah terlatih dan mahir mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan. Semangat Takumi ini berangkat dari keinginan besar untuk menghasilkan karya terbaik, yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia.

Di Jepang, Takumi selalu menjadi panutan dalam melakukan setiap pekerjaan. Mereka selalu ingin mempersembahkan karya terbaik. Contohnya dalam pembuatan sebuah pedan. Mulai dari pemilihan bahan, hingga penyelesaian dibutuhkan kecermatan mendalam untuk menghasilkan pedang terbaik.  Mau info lebih jelas Langsung ke TKP

Nah, Berikut ini hasil penjelajahan penulis di Pabrik seluas 31 Hektar di Karawang. Penulis bersama dengan Blogger dari Kota Depok dan Bekasi mendapatkan kehormatan untuk keliling Pabrik SHARP untuk melihat proses pembuatan Lemari Es dan juga Mesin Cuci. Gimana Serunya perjalanan penulis? Cekidots!





Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam, akhirnya sampailah rombongan sampai di kawasan Industri Karawang. Jujur ini pertama kalinya penulis memasuki daerah ini. Banyak banget Pabrik-Pabrik lain yang didirikan disini. Tapiiii… pembangunannya sangat rapi. Jadi ketika memasuki kawasan ini, bukan kesan sumpek atau berdebu yang ditemukan, melainkan Asri dan hijau. Pemandangan sangat indah karena sepanjang taman dihiasi dengan deretan tanaman yang membuat mata cukup segar.

Niat penulis selama perjalanan ingin tidur, terpaksa buyar. Karena dalam mobil travel yang penulis tumpangi, sangat gaduh karena rombongan yang isinya lebih banyak mahasiswa itu, ngelawak mulu. Bener-bener bikin penulis sakit perut dengerin banyolan mereka! :D  Ada saja sesuatu yang mereka komenin sepanjang jalan.

Sesampainya di Pabrik SHARP, rombongan digiring ke sebuah ruangan besar yang sepertinya biasa digunakan untuk pelatihan/ training. Disini rombongan dijelaskan tentang detail bagaimana prosedur Kunjungan Pabrik SHARP. Setelah itu ditemani oleh salah satu Trainer, rombongan diajak keliling pabrik.



Suasana-nya udah kayak di Kampus ya? J

Setelah tau prosedurnya, langsung deh rombongan diajak keliling! Pertama, rombongan mengunjungi Pabrik Lemari Es. Dannnn… Begitu masuk, rombongan langsung disambut oleh kesibukan para pekerja yang dibantu oleh para ‘transformer’ eh maksudnya para mesin besar. =D

Dalam sehari ada target yang harus mereka selesaikan lho… Dan mereka bener-bener harus selesai sesuai target kalo nggak mereka harus lembur.

Gimana sih proses pembuatan Lemari Es? Ini dia alurnya…


Kurang Lebih Prosesnya adalah: Bahan baku dasar dibentuk untuk menjadi Kabinet (bentuk dasar Lemari Es sesuai tipe-nya masing-masing) >> lalu kemudian ditambahkan pelat >>  dilapisi oleh polyurethane (supaya udara dingin tidak keluar) >> dipasangi kabel-kabel dan juga Compressor >> Masuk ke Test Room (dicek apakah dingin atau tidak) >> Cek Kebocoran >> Finishing >> Packing



Proses perakitan Kabinet alias body-nya si Lemari Es



Ssstttt… begini toh proses pembuatan Food Liner alias dalemannya Lemari es (yang putih-putih itu lho…)



Abis Body jadi, saatnya pasang pelat berlanjut ke pemasangan Pipa



Lanjut ke pemasangan Compressor.
Keliatannya sih gampang, tapi kudu hati-hati soalnya setiap tipe memiliki kapasitas kompresor yang berbeda-beda. Jadi nggak boleh sampe ketuker! Bisa berabe ntar…





Lanjut lagi ke proses evacuating



Abis itu masuk ke Test Room



Setelah dites dan diperiksa denga teliti kalo nggak ada cacat sama sekali, Lemari es pun di-packing dan siap diantarkan ke seluruh Indonesia.

Tau nggak? Untuk membuat 1 lemari es ini ternyata hanya diperlukan waktu 1 menit! Cepet banget kan? Dan dalam sehari Pabrik ini harus memproduksi sebanyak 1000 Lemari Es! Gokil!


Dari Proses Pembuatan Lemari Es, rombongan diajak untuk melihat proses pembuatan mesin cuci.
Untuk proses pembuatan mesin cuci, bisa dibilang lebih sederhana dibandingkan dengan lemari es. Karena untuk Body Mesin Cuci, Pabrik SHARP menggunakan vendor lain. Sehingga Pabrik SHARP tidak perlu memakan waktu untuk membuat kerangka/ body si mesin cuci.

Di Pabrik ini, pekerja dan mesin cukup merakit komponen-komponen yang sudah tersedia.  Ibarat kata, kaya main lego tinggal susun eh jadi deh!

Meskipun prosesnya lebih sederhana, tapi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan 1 buah Mesin Cuci lebih lama dibandingkan dengan Lemari Es. Untuk 1 unit Mesin Cuci, perlu waktu 3 menit untuk merakitnya.

Penasaran kayak gimana proses perakitan Mesin Cuci SHARP ini? Ini nih penampakannya.



Tahapan-tahapan yang harus dilalui nggak jauh beda dengan pembuatan Lemari Es. Yaitu, mulai dari perakitan bodi dan komponen yang diperlukan >> Masuk ke Test Room >> Quality Control >> Packing >> siap untuk distribusi.



Gimana seru banget kan penjelajahan penulis ke Pabrik SHARP – salah satu produsen barang elektronik terbesar di Indonesia.





Berhubung Pabrik-nya besar banget dan dari ujung ke ujung cukup jauh, jadi biar nggak Capek, Rombongan narsis foto-foto!





Selesai Menjelajah Pabrik, rombongan diajak ke SHOW ROOM dimana didalamnya terdapat Perjalanan Perkembangan SHARP di Indonesia. Termasuk didalamnya, produk-produk yang telah dihasilkan dan Produk bersejarah!


Ini lho peta pemasaran SHARP di seluruh Indonesia



Jejeran produk Mesin Cuci yang diproduksi oleh SHARP Electronics



Berbagai macam tipe Lemari Es yang sudah dihasilkan oleh SHARP



Miniatur Pabrik SHARP Karawang. Gede banget kan? Kebayang gempornya kaki penulis menyusuri semuanya.



Ini dia yang bikin mupeng! Lemari Es dan Mesin Cuci yang asli dibuat dari EMAS! (beneran dari emas asli lho!) Katanya sih harga Lemari Es EMAS ini bisa mencapai 10 Juta. Tapi sayangnya kedua produk Emas ini tidak untuk dijual.



Nah, kalo yang ini Lemari Es dan Mesin Cuci paling tua yang digunakan oleh 2 orang konsumen di Indonesia!




Jadul banget kan? Berasa kayak naik Mesin Waktu milik Doraemon! hehe


Puas liat-liat dan numpang istirahat di SHOW ROOM, akhirnya rombongan kembali ke ruang training untuk dijelaskan secara detail proses pembuatan Lemari Es. Selesai penjelasan, saatnya MAKAN SIANGGG… Yeah!!!

Udah capek, kaki gempor, perut kenyang, mata ngantuk, saatnya pulang. Kembali ke Jakarta.
Eitssss… sebelum pulang jangan lupa buat NARSIS dulu! J





Pengalaman yang tak akan terlupakan...

Terimakasih untuk SHARP Takumi Factory! 





2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah, ikut ngontes juga ya? tulisannya lengkap dan jelas. Semoga menang ya :))
saya juga ikutan, baca tulisan saya disini : http://www.andre.web.id/2014/03/sharp-takumi-factory.html

Unknown mengatakan...

Hai dini.... apa kabar ?
penglaaman yang mengesankan ya din.. sekalian dah yak ane ntip lapak dimari
http://sharp-id.blogspot.com/2014/04/sharp-takumi-factory-berkunjung-ke-pabrik-baru-SHARP-di-Karawang.html

Posting Komentar